SELAMAT DATANG DI BLOG WAWANHAR >>>>> SEBUAH BLOG YANG MENDUKUNG DUNIA PENDIDIKAN >>>>> BLOG YANG MENDUKUNG DUNIA TEKNOLOGI INFORMATIKA >>>>> BLOG FISIKA >>>>> BLOG ELEKTRONIKA >>>>> BLOG SOSIAL & PSIKOLOGI >>>>> BLOG MACAM-MACAM POKOKNYA >>>>> YANG JELAS GO-BLOG

Cara Membuka INFO GTK Tanpa Login Akun PTK DAPODIK


Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh PTK dalam hal pencairan tunjangan profesi adalah status validasi dalam lembar INFO GTK. Jika status dalam INFO GTK sudah valid, maka GTK yang bersangkutan berhak untuk dapat tunjangan profesi. Untuk mengetahui INFO GTK sudah valid atau belum maka harus membuka website INFO GTK dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan. Alamat websitenya klik disini

Untuk dapat membuka website INFO GTK maka harus login dengan akun PTK pada Dapodik. Dalam hal ini, banyak kekurangan atau kelemahannya, yaitu :
  • Lupa Akun
  • Seringkali dianggap akun salah
  • Sering terjadi gangguan dalam loading
  • dan faktor teknis lainnya

Dari latar belakang tersebut di atas, ada satu cara untuk membuka INFO GTK tanpa harus login melalui Website INFO GTK, yaitu dengan memanfaatkan akun dapodik yang dipegang oleh operator sekolah. Oleh karena itu disarankan PTK untuk selalu bekerja sama dengan operator sekolah.
Dalam kesempatan ini, kami mencoba berbagi cara membuka INFO GTK tanpa menggunakan akun PTK dan tanpa login Website INFO GTK. Mungkin banyak rekan-rekan PTK atau khususnya operator yang sudah memahami, tetapi tidak ada salahnya barangkali masih ada rekan-rekan yang belum pernah mencoba cara ini.
Langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Buka website Dapodik; dapat anda klik langsung disini, kemudian klik “LOGIN” – “MANAJEMEN SEKOLAH”
  • Berikutnya adalah masuk dalam halaman login, silakan anda masukkan username – password, klik “KELOLA DATA SEKOLAH”, klik “KELOLA DATA POKOK”
  • Setelah masuk pada halaman website dapodik, klik menu “GURU dan TENDIK”, kemudian pilihlah PTK yang akan dibuka INFO GTK dengan cara scroll ke posisi paling kanan dan klik icon pada menu BIODATA

  • Setelah  masuk pada halaman biodata PTK yang tadi telah dipilih, maka tinggal satu kali langkah lagi menuju INFO GTK, yaitu dengan cara klik “INFO GTK”
Demikian langkah-langkah untuk membuka INFO GTK tanpa harus login menggunakan akun PTK. Semoga bermanfaat

3 comments: