SELAMAT DATANG DI BLOG WAWANHAR >>>>> SEBUAH BLOG YANG MENDUKUNG DUNIA PENDIDIKAN >>>>> BLOG YANG MENDUKUNG DUNIA TEKNOLOGI INFORMATIKA >>>>> BLOG FISIKA >>>>> BLOG ELEKTRONIKA >>>>> BLOG SOSIAL & PSIKOLOGI >>>>> BLOG MACAM-MACAM POKOKNYA >>>>> YANG JELAS GO-BLOG

Relampago Del Catatumbo : Sebuah Fenomena Alam Menarik Tentang Petir

Misterius "Relampago del Catatumbo" (petir Catatumbo) adalah fenomena alam yang unik di dunia. Terletak di muara sungai Catatumbo di Danau Maracaibo (Venezuela), fenomena tersebut adalah petir awan ke awan yang membentuk busur tegangan lebih dari lima kilometer tingginya, selama 140 sampai 160 malam dalam setahun, 10 jam setiap malam, dan sebanyak 280 kali per jam. Ini badai permanen yang terjadi hampir selama rawa di mana Sungai Catatumbo feed ke Danau Maracaibo dan dianggap generator tunggal terbesar dari ozon di planet ini, dilihat dari intensitas debit awan-to-awan dan frekuensi yang besar.

Di daerah ini diperkirakan 1.176.000 debit listrik per tahun, dengan intensitas hingga 400.000 ampere, dan terlihat hingga 400 km. Ini adalah alasan mengapa badai juga dikenal sebagai Maracaibo Beacon sebagai cahaya telah digunakan untuk navigasi oleh kapal-kapal untuk usia. Tabrakan dengan angin yang datang dari pegunungan Andes menyebabkan badai dan petir yang terkait, hasil dari muatan listrik melalui gas terionisasi, khususnya metana diciptakan oleh dekomposisi bahan organik di rawa-rawa. Menjadi lebih ringan dari udara, gas naik ke awan, memberi makan badai. Beberapa lingkungan lokal berharap untuk membawa daerah ini di bawah perlindungan UNESCO, karena merupakan fenomena yang luar biasa, sumber terbesar dari jenisnya untuk lapisan ozon regenerasi planet.

No comments:

Post a Comment