SELAMAT DATANG DI BLOG WAWANHAR >>>>> SEBUAH BLOG YANG MENDUKUNG DUNIA PENDIDIKAN >>>>> BLOG YANG MENDUKUNG DUNIA TEKNOLOGI INFORMATIKA >>>>> BLOG FISIKA >>>>> BLOG ELEKTRONIKA >>>>> BLOG SOSIAL & PSIKOLOGI >>>>> BLOG MACAM-MACAM POKOKNYA >>>>> YANG JELAS GO-BLOG

Posting Perdana : Keistimewaan Menulis

Banyak orang memandang bahwa menulis adalah sekedar kegiatan biasa yang tidak ada istimewanya atau tidak ada pentingnya. Apalagi di dunia pendidikan seperti di sekolah, menulis dianggap kegiatan yang menjenuhkan karena alasan capek dan buang-buang energi. Sehingga tidak heran ketika guru memerintahkan untuk menulis atau membuat catatan dari buku paket yang sudah disediakan ke dalam buku tulis atau buku catatan, banyak siswa yang ogah-ogahan. Dan hasilnya banyak siswa yang mengabaikan dengan tidak menulis sama sekali.


Dalam kehidupan sehari-hari juga banyak dijumpai orang enggan untuk menulis ketika mendapatkan suatu informasi, baik di dapat dari media cetak maupun elektronik, padahal informasi tersebut berguna bagi aktivitasnya sehari-hari. Orang cenderung untuk menulis langsung dalam otaknya melalui metode menghafal dan mengingat info yang didapat.

Berdasarkan pengertiannya, menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Menulis biasa dilakukan pada kertas dengan menggunakan alat-alat seperti pena atau pensil. Namun dengan semakin berkembangnya teknologi seperti saat ini, menulis juga bisa dilakukan dengan menggunakan komputer atau laptop.

Menulis merupakan kegiatan yang sebetulnya tidak bisa dipandang rendah atau sepele. Dibanding dengan membaca, menulis lebih kompleks dan lebih besar fungsinya untuk menuju pada proses menghafal dan mengingat. Bahkan dengan menulis, dapat membantu ingatan kita ketika lupa dengan apa yang kita baca. Menulis adalah dua kalinya membaca, artinya pada saat kita menulis pasti kita membaca terlebih dahulu apa yang kita tulis, baru kita tuangkan ke dalam tulisan. Dan ketika kita menuangkan tulisan dari apa yang kita baca, sebetulnya kita juga membaca lagi, untuk mengecek ejaan per huruf atau per kata atau bahkan per kalimat apakah sudah sesuai dengan yang kita baca atau belum.

Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa menulis adalah kegiatan yang sangat penting. Keistimewaan menulis adalah sebagai berikut :
  1. Menulis adalah dua kalinya kegiatan membaca, artinya ketika kita menulis itu sama artinya dengan kita sudah membaca dua kali, sehingga lebih mudah untuk membantu proses mengingat dan menghafal.
  2. Menulis merupakan kegiatan menyimpan data atau info, karena otak kita terbatas, tidak bisa menerima dan menampung semua ingatan yang didapat.
  3. Menulis merupakan kegiatan yang dapat merangsang otak untuk berimajinasi. Ingatlah bahwa ilmuwan fisika pernah berkata bahwa imajinasi lebih tinggi daripada ilmu pengetahuan.
  4. Dengan menulis, kita lebih memikirkan baik atau buruknya sesuatu aktivitas yang kita buat.
  5. Dengan menulis, kita lebih terarah dan sistematis untuk menyampaikan sesuatu pada orang lain, karena pada dasarnya ketika kita menulis pasti kita mempertimbangkan kalimat-kalimat yang bagus, yang pantas, sopan dan mudah untuk dicerna orang lain.
  6. Dengan menulis, otak kita jadi terangsang untuk terus berpikir tanpa berhenti.
  7. Dengan menulis, kita banyak punya ide, gagasan terhadap apa yang kita amati dalam kehidupan sehari-hari.
  8. Menulis sangat membantu ketika kita punya janji atau acara dengan orang lain.
  9. Dengan menulis, kita bisa menata agenda atau aktivitas kita sehari-hari
  10. Dengan menulis, kita bisa menggali dan merenungkan apa yang masih tersirat di alam semesta ini. bahkan dengan menulis kita bisa curhat dengan diri kita sendiri.
Demikian, semoga bermanfaat dan menjadi renungan.......


No comments:

Post a Comment